UDiNus Repository

TINJAUAN KEPATUHAN PETUGAS FILING TERHADAP STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TENTANG PEMINJAMAN DRM DI RUMAH SAKIT DR. M. ASHARI PEMALANG

MOHAMAD, BAIHAQI RIDWAN (2017) TINJAUAN KEPATUHAN PETUGAS FILING TERHADAP STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TENTANG PEMINJAMAN DRM DI RUMAH SAKIT DR. M. ASHARI PEMALANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    TINJAUAN KEPATUHAN PETUGAS FILING TERHADAP STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TENTANG PEMINJAMAN DOKUMEN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT DR. M. ASHARI PEMALANG Kepatuhan petugas berperan penting dalam pelaksanaan sistem penyimpanan yang baik di bagian filing. Survei awal yang dilakukan oleh peneliti pada bulan September 2016 di Rumah Sakit dr. M. Ashari Pemalang, peneliti mengambil sampel peminjaman DRM sebanyak 30 pasien. Dari 30 pengambilan DRM yang diamati terdapat 80% dokumen rekam medis yang terlambat karena melebihi batas waktu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek kepatuhan petugas filing terhadap Standar OperasionalXProsedurXpeminjamanXDRM. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Metode penelitian dilakukan dengan cara observasi dan melakukan wawancara. Variabel penelitian menyangkut karakteristik petugas filing, isi Standar Operasional Prosedur dan kepatuhan petugas filing terhadap Standar Operasional Prosedur. Populasi dan sampel meliputi subjek peneliti petugas filing 6 orang dan kepala URM, objek peneliti meliputi tingkat kepatuhan petugas rekam medis. Pengolahan data menggunakan tabulasi yaitu membuat tabel untuk mengumpulkan data dan penyajian data menggunakan gambar, narasi dan tabel. Analisis data dilakukan secara deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian sesuai yang sebenarnya. Rata-rata usia petugas filing yaitu 20-56 tahun, jenis kelamin 3 petugas laki-laki dan 3 petugas perempuan, lama kerja 1-15 tahun, berpendidikan SMA serta satu petugas berpendidikan D3 Kebidanan, dari seluruh petugas belum pernah mengikuti pelatihan tentang rekam medis. Pada isi Standar Operasional Prosedur tidak dicantumkan standar waktu, hal ini berdampak pada terhambatnya proses peminjaman DRM akan menjadi lebih lama, pada saat wawancara terhadap petugas Filing standar waktu yang menurut petugas Filing yaitu 5 menit dalam setiap peminjaman DRM, hasil observasi terhadap kepatuhan terhadap Standar Operasional Prosedur menyatakan bahwa petugas filing dalam melakukan tugas peminjaman DRM tidak patuh sepenuhnya, rata-rata presentase kepatuhan seluruh petugas terhadap Standar Operasional Prosedur yaitu 83,33%. Saran perlu upaya pelatihan dan pengarahan kepada petugas dari Pimpinan Rumah Sakit dan Kepala Unit Rekam Medis, pada Standar Operasional Prosedur harus ditetapkan batas waktu peminjaman, dan letak tempelan gambar pada ruangan filing sebagai acuan petugas dalam mengolah DRM kelalaian petugas. Kata Kunci : Kepatuhan, Standar Operasional Prosedur, Peminjaman Dokumen. Kepustakaan : 15 (1990-2016)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:13
    Last Modified: 04 May 2017 15:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21468

    Actions (login required)

    View Item