UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA BONGKAR MUAT BARANG DI PASAR PAGI PEMALANG TAHUN 2016

ANAS, MU'MIN (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA BONGKAR MUAT BARANG DI PASAR PAGI PEMALANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA BONGKAR MUAT BARANG DI PASAR PAGI PEMALANG TAHUN 2016 XX+ 80 Hal + 17 tabel + 4 gambar + 4 lampiran Pekerja bongkarmuat adalah pekerja yang menjual jasanya dalam bentuk tenaga guna mobilitas barang. Pekerja bongkar muat di pasar Pagi Pemalang bekerja dengan otot guna melakukan manual handling yang di dalamnya terdapat banyak resiko bahaya yang dapat di timbulkan misalnya gangguan pada otot muskuloskeletal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-farktor yang berhubungan dengan gangguan muskuloskeletal pada pekerja bongkar muat barang di pasar pagi Pemalang Jenis penelitian ini adalah observasional analitik yaitu mencari hubungan antar variabel, metode yang di gunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yaitu melakukan wawancara langsung dan angket. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, analisis data dengan uji pearson product moment. Hasil penelitian ini diketahui dari hasil uji perarson product moment menunjukan variabel yang berhubungan dengan gangguan muskuloskeletal adalah variabel teknik mengangkat beban, sedangkan variabel frekuensi angkat, jarak angkat, masa kerja, IMT, usia, riwayat penyakit, alat bantu, Kebiasaan merokok tidak berhubungan dengan gangguan muskuloskeletal di pasar pagi Pemalang Penelitian ini menyarankan agar para pekerja memperhatikan teknik mengangkat beban serta kondisi kesehatan dari akibat pekerjaan. Kata Kunci: muskuloskeletal, pekerja bongkar muat Perpustakaan :41 (1994 – 2013)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:13
    Last Modified: 04 May 2017 15:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21471

    Actions (login required)

    View Item