UDiNus Repository

Analisis Perbandingan Laporan Kinerja Keuangan Menggunakan Metode RGEC Pada Jenis Bank Berdasarkan Status Kepemilikan (Studi Pada Bank Umum Milik Negara dan Bank Campuran Tahun 2011-2014)

RIO, ADITA PUTRA (2016) Analisis Perbandingan Laporan Kinerja Keuangan Menggunakan Metode RGEC Pada Jenis Bank Berdasarkan Status Kepemilikan (Studi Pada Bank Umum Milik Negara dan Bank Campuran Tahun 2011-2014). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mengetahui tingkat kesehatan bank ditinjau dari aspek Risk Profile NPL & LDR, NPM. Earnings of ROA, ROE, BOPO & NIM. Capital CAR pada bank BUMN-BC tahun 2011-2014. Objek penelitian ini adalah perbankan yang menerbitkan laporan keuangan selama tahun 2011-2014, perusahaan yang sehat secara permodalan, mempunyai data laporan keuangan selama kurun waktu penelitian yaitu tahun 2011-2014 dan memiliki modal minimum sesuai Kebijakan API, penelitian ini menggunakan metode dokumenter. Dapat disimpulkan bahwa bank BUMN mempunyai keunggulan pada variable NPL, ROE, ROA, BOPO, NIM. Sementara pada bank BC mempunyai keunggulan dalam rasio variabel LDR, NPM, CAR. Hasil statistika juga menunjukan bahwa NPL bank BUMN lebih tinggi dari NPL bank BC, bank BUMN dibebani oleh pemerintah dengan pembiayaan UMKM dan pembiayaan dalam perumahan. Dari LDR, bank BUMN lebih rendah dari LDR bank BC, bank BUMN dibebani pemerintah dengan menyediakan dana untuk Kredit Usaha Rakyat. Dari NPM, bank BC lebih tinggi dari NPM bank BUMN, bank BC mempunyai kemampuan yang kurang lebih sama baiknya dalam memperoleh laba bersih dari kegiatan operasionalnya. NPM yang dicapai bank BC mengacu pada pendapatan operasional bank yang terutama berasal dari kegiatan pemberian kredit yang dalam prakteknya memiliki berbagai resiko seperti resiko kredit, bunga, kurs valas dan sebagainya.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:20
    Last Modified: 04 May 2017 15:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21536

    Actions (login required)

    View Item