UDiNus Repository

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Studi Pada Perusahaan Jasa (Sektor Perbankan) di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014

NINDIA, DEWI SAKSITHA (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Studi Pada Perusahaan Jasa (Sektor Perbankan) di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4081b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio, Return on Investment dan Cash Position terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Jasa Sektor Perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling atau pemilihan sampel dengan batasan kriteria-kriteria tertentu, agar memperoleh data sampel yang representative, data yang dikumpulkan berupa data sekunder sejumlah 6 perusahaan Jasa (Sektor Perbankan). Data yang berupa variabel Dividend Payout Ratio diperoleh dengan cara pengambilan data yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2010-2014 diambil langsung dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan t statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio, Return on Investment dan Cash Position berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio . Sedangkan ROI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan arah negatif. Sementara itu, Debt to Equity Ratio dan Cash Position memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan arah positif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa Debt to Equity Ratio dan Cash Position bisa digunakan sebagai penilaian investor dalam mengambil keputusan investasi di masa yang akan datang.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:20
    Last Modified: 04 May 2017 15:20
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21538

    Actions (login required)

    View Item