UDiNus Repository

Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan IndiHome di Kabupaten Kendal (Studi Pada Telkom Plasa Kendal)

PANDU, CALOZA (2016) Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan IndiHome di Kabupaten Kendal (Studi Pada Telkom Plasa Kendal). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Saat ini, jumlah pengguna internet semakin berkembang, karena masyarakat telah mewujudkan budaya internet. Berdasarkan data dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, setiap tahun, jumlah pengguna internet mengalami peningkatan yang signifikan (cukup besar) yaitu tahun 2011-2015 sebanyak 74,4 juta dengan kenaikan rata-rata 13,0%. Peningkatan pengguna internet di respond oleh provider dengan memberikan pelayanan yang terbaik agar pengguna internet puas dan tetap menggunakan provider tersebut yaitu PT. Telkom Indonesia dengan produknya IndiHome. Berdasarkan data, pengguna IndiHome selama tiga tahun mengalami penurunan, dari 64,3% tahun 2012 menjadi 62,3% tahun 2013 bahkan menjadi 56,7% tahun 2014. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum IndiHome belum bisa memuaskan konsumen, karena penggunanya yang relatif menurun. Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan telah dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya yaitu Iqbal (2009), Hapsari dan Khasanah (2012), Dahliana, dkk (2014) serta Hidayat dan Firdaus (2014). Pada penelitian tersebut variabel yang digunakan adalah kualitas produk, kepercayaan dan harga. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kepercayaan dan harga terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna IndiHome di Telkom Kendal (Plasa), Jl. Soekarno-Hatta No. 222, di Kabupaten Kendal yang jumlahnya tidak diketahui pasti. Sampel penelitian ini adalah 104 responden. Jenis datanya adalah data primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1). Kualitas produk terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 2). Kepercayaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 3). Harga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:21
    Last Modified: 04 May 2017 15:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21552

    Actions (login required)

    View Item