UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Leverage Terhadap Risiko (Beta Saham) Saham Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2011 - 2014

WINDRIYA, IRFAYANTIE JUSYAR (2016) Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Leverage Terhadap Risiko (Beta Saham) Saham Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2011 - 2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3965b) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ukuran perusahaan, likuiditas dan leverage terhadap risiko (yang diukur dengan beta saham) dalam periode 4 tahun; dimana ukuran perusahaan, likuiditas dan leverage mempengaruhi beta saham dari perusahaan (secara parsial dan bersama-sama) yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia; dan faktor apa saja yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel dependen (beta saham). Penelitian ini menganalisa 112 perusahaan manufaktur yang secara konsisten terdapat dalam Bursa Efek Indonesia periode 2011 - 2014 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 20 untuk menguji pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen sesuai dengan prediksi, yaitu berpengaruh secara signifikan terhadap risiko saham (beta saham). Ketiga variabel, yaitu : ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap risiko saham, likuiditas (free cash flow) berpengaruh positif dan signifikan terhadap risiko saham, serta leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap risiko saham. Dan pada hasil regresi menunjukkan pengaruh dari ketiga variabel adalah sebesar 11,5% terhadap risiko investasi saham, sedangkan sisanya 88,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:21
    Last Modified: 04 May 2017 15:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21568

    Actions (login required)

    View Item