UDiNus Repository

Analisis Efektivitas Penggunaan Modal Kerja dan Modal Tetap Perusahaan Manufaktur (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

AMMELIA, WIDIYANI (2016) Analisis Efektivitas Penggunaan Modal Kerja dan Modal Tetap Perusahaan Manufaktur (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini menganalisis efektivitas investasi pada modal kerja dan modal tetap perusahaan manufaktur di Indonesia. Tujuan utama penelitian adalah menguji pengaruh variabel perubahan kas, perubahan piutang, perubahan persediaan, dan perubahan aset tetap terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur selama tahun 2011-2014. Profitabilitas diwakili tiga proksi yaitu Net Profit Margin, Return on Investment dan Return on Equity. Data yang digunakan bersumber dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2014 dan 2015 yang memuat data keuangan perusahaan manufaktur tahun 2011 hingga 2014. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dari 144 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria penelitian sebanyak 77 perusahaan. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-F dan uji-t dengan tingkat signifikansi 5%. Dari uji statistik yang dilakukan, diketahui bahwa model regresi yang paling sesuai adalah model regresi dengan proksi Net Profit Margin dengan nilai Adjusted R Square sebesar 49%. Variabel perubahan kas berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, variabel perubahan piutang berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, variabel perubahan persediaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas dan variabel perubahan modal tetap berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Secara keseluruhan hasil uji menunjukkan bahwa variabel perubahan modal kerja dan perubahan modal tetap secara bersama-sama mempengaruhi profitabilitas perusahaan manufaktur.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:22
    Last Modified: 04 May 2017 15:22
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21577

    Actions (login required)

    View Item