UDiNus Repository

Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Merek Mizone di Semarang

FAJAR, PANJI TRI (2016) Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Merek Mizone di Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah diferensiasi produk, citra merek, dan positioning berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman isotonic merek Mizone di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen minuman isotonic merek Mizone di Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kriterianya adalah (1) Konsumen yang berumur minimal 17 tahun, (2) Minuman isotonic merek Mizone dikonsumsi sendiri. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada konsumen minuman isotonic merek Mizone di Semarang yang telah memenuhi kriteria tersebut. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bentuk persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,371 X1 + 0,240 X2 + 0,358 X3. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan bebas multikolinieritas. Dari hasil pengujian secara serempak (uji F), hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk, citra merek dan positioning secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil pengujian secara parsial (uji t), hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk, citra merek dan positioning secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah diferensiasi produk, lalu faktor kedua paling berpengaruh adalah positioning dan yang terakhir adalah citra merek.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:22
    Last Modified: 04 May 2017 15:22
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21597

    Actions (login required)

    View Item