UDiNus Repository

Pengaruh Faktor Keuangan dan Non Keuangan pada Tingkat Underpricing saat Initial Public Offering Periode 2012 - 2015 di Bursa Efek Indonesia (BEI)

HESTI, ERINAWATI (2017) Pengaruh Faktor Keuangan dan Non Keuangan pada Tingkat Underpricing saat Initial Public Offering Periode 2012 - 2015 di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3569b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, umur perusahaan, saham ditahan oleh pemegang saham lama, size perusahaan, financial leverage, ROA, dan EPS terhadap tingkat underpricing. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan objek penelitian perusahaan yang melakukan IPO pada periode tahun 2012-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Metode penentuan sampel data menggunakan purposive sampling yang menghasilkan 58 perusahaan yang melakukan IPO dan mengalami underpricing pada tahun 2012-2015. Penelitian ini menggunakan sampel dari data sekunder perusahaan yang melakukan IPO. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel reputasi auditor, umur perusahaan, saham ditahan oleh pemegang saham lama, financial leverage, ROA, dan EPS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing. Sedangkan variabel reputasi underwriter dan size perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:23
    Last Modified: 04 May 2017 15:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21613

    Actions (login required)

    View Item