UDiNus Repository

Full Costing Method Sebagai Dasar Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Penetapan Harga Jual pada Usaha Jati Karya Meubel Kaliwungu

RATNA, SUGIARTI CANDRA (2017) Full Costing Method Sebagai Dasar Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Penetapan Harga Jual pada Usaha Jati Karya Meubel Kaliwungu. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4058b) | Preview

    Abstract

    Jati Karya Meubel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture berdiri pada tahun 2014 yang memproduksi berbagai jenis mebel. Dalam memproduksi mebel perusahaan memproduksi secara massa untuk memenuhi kebutuhan gudang. Semuanya dapat dikerjakan sesuai dengan ketetapan perusahaan. diperlukan perencanaan yang matang, untuk menghasilkan produk yang berkualitas yaitu dengan memberikan keputusan mengenai harga pokok. Penetapan harga pokok ini harus diterapkan secara cermat dan tepat. agar dapat membantu Jati Karya Meubel bersaing secara baik dan dalam kurun waktu yang relatif lama dengan perusahaan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi Jati Karya Meubel dalam menetapkan harga jual menggunakan metode full costing dan mengetahui perolehan keuntungan yang ditetapkan Jati Karya Meubel. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan data sekunder selama bulan Mei 2016 yang didapat dari Jati Karya Meubel. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi Jati Karya Meubel sangat rendah dibandingkan dengan metode full costing. Diperoleh perbedaan sebanyak Rp30.507,39. Perbedaan ini disebabkan oleh Jati Karya Meubel belum efektif dalam menentukan harga pokok produksi karena ada beberapa biaya yang belum diperhitungkan. Sehingga akan berpengaruh terhadap keuntungan yang ditetapkan Jati Karya Meubel sebesar 20 %.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:23
    Last Modified: 04 May 2017 15:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21618

    Actions (login required)

    View Item