UDiNus Repository

Metode Full Costing Sebagai Penentu Harga Pokok Produksi dan Meningkatkan Akurasi Harga Jual pada Produk Kacang Atom (Studi Kasus di PT. Pandowo Utomo Food Kota Semarang)

BRIAN, WIJAYA PUTRATAMA (2017) Metode Full Costing Sebagai Penentu Harga Pokok Produksi dan Meningkatkan Akurasi Harga Jual pada Produk Kacang Atom (Studi Kasus di PT. Pandowo Utomo Food Kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3916b) | Preview

    Abstract

    Penerapan metode Full Costing melalui penghitungan harga pokok produksi sangat penting karena metode ini lebih rinci dalam memasukkan komponen-komponen biaya yang diperlukan dalam proses produksi. Hal ini dapat berpengaruh pada penentuan harga jual dan laba yang dihasilkan. Dengan metode Full Costing diharapkan dapat menjadi alat bantu bagi pihak perusahaan dalam penentuan harga pokok produksi dan ketepatan harga jual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil penghitungan harga pokok produksi yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan penghitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode Full Costing, Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi pada PT. Pandowo Utomo Food dengan penghitungan harga pokok produksi menggunakan metode Full Costing menunjukkan adanya perbedaan hasil. Pada metode perusahaan sebesar Rp 234.455.853.65 sedangkan metode Full Costing sebesar Rp 247.508.308. Harga jual pada metode Full Costing sebesar Rp 15.469,27 sedangkan harga jual metode perusahaan sebesar Rp 14.653,49. Karena perbedaan dari hasil tersebut terletak pada biaya overhead pabrik yaitu pada metode full costing memasukkan biaya air, listrik, telepon serta biaya penyusutan mesin dan pemeliharaan mesin. Hal ini menyebabkan harga pokok produksi dan harga jual dengan menggunakan metode full costing menjadi lebih tinggi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:24
    Last Modified: 04 May 2017 15:24
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21635

    Actions (login required)

    View Item