UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek terhadap Ekuitas Merek Handphone China (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang)

YUNICO, SANTOSO (2017) Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek terhadap Ekuitas Merek Handphone China (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3994b) | Preview

    Abstract

    Industri handphone saat ini mengalami persaingan yang semakin ketat. Beberapa merek berkompetisi untuk meraih posisi tetinggi dalam persaingan. Masing-masing perusahaan tidak hanya menampilkan keunggulan fungsionalnya saja tetapi juga keunggulan merek. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek terhadap ekuitas merek handphone China. Serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap ekuitas merek handpone China. Data dalam penelitian ini terdiri dari 115 responden dengan menggunakan metode kuisioner. Responden tersebut merupakan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasi komputer AMOS versi 22. Dilakukan analisis konfirmatori faktor untuk mengetahui pengaruh variabel laten terhadap indikatornya dan untuk eksogen terhadap variabel endogen. Hasil analisis dengan SEM menyatakan struktural model sesuai dengan model yang diamati. Variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap ekuitas merek. Sedangkan variabel asosiasi merek berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ekuitas merek. Variabel yang sangat berpengaruh terhadap ekuitas merek adalah kesadaran merek.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:25
    Last Modified: 04 May 2017 15:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21654

    Actions (login required)

    View Item