ALDY, PRAKOSO LEMAR (2017) Analisis Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy Terhadap Kepuasan Konsumen Yamaha Mataram Sakti di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Kualitas pelayanan adalah upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen. Obyek yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Yamaha Mataram Sakti. Yamaha Mataram Sakti yaitu perusahaan yang berdiri dibawah naungan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang didirikan pada tahun 1974 dimana salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif roda dua terbesar di Indonesia. Kualitas pelayanan menjadi persoalan bagi konsumen yang dapat dilihat dalam kotak saran konsumen. Metode yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan dengan hasil sampel sebanyak 110 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menujukan bahwa tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy adalah 53,4%. Nilai 53,4% menunjukan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang berada diluar penelitian.
Actions (login required)