UDiNus Repository

Pengaruh Pengalaman, Usia dan Pendidikan Dewan Komisaris terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata Yang Tercatat dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 -2015

ANNISA, FIRDAYANTI RIZTYA (2017) Pengaruh Pengalaman, Usia dan Pendidikan Dewan Komisaris terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Sektor Hotel, Restoran dan Pariwisata Yang Tercatat dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2011 -2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3682b) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh signifikan dari variabel independen yaitu pengalaman dewan komisaris, usia dewan komisaris dan pendidikan dewan komisaris pada variabel dependen yaitu kualitas laporan keuangan di sektor hotel, restoran dan pariwisata yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia secara simultan maupun secara parsial. Kualitas laporan keuangan pada penelitian ini dapat diukur dengan return on equity (ROE). Populasi dari penelitian ini ialah seluruh sektor hotel, restoran, dan pariwisata yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015 yang berjumlah 21 perusahaan. Sampel yang dipilih berjumlah 12 perusahaan memakai metode purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen secara simultan dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan secara parsial membuktikan bahwa usia dewan komisaris berpengaruh pada kualitas laporan keuangan, pengalaman dan pendidikan dewan komisaris tidak berpengaruh pada kualitas laporan keuangan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:25
    Last Modified: 04 May 2017 15:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21669

    Actions (login required)

    View Item