UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Corporate Governance, Firm Size, Profitabilitas, Leverage, dan FCF terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food & Beverages yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2015

BINTANG, PAMUNGKAS (2017) Analisis Pengaruh Corporate Governance, Firm Size, Profitabilitas, Leverage, dan FCF terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food & Beverages yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2015. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Governance, firm size (ukuran perusahaan), profitabilitas, leverage dan free cash flow terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2011-2015. Corporate Governance diukur menggunakan indikator ukuran komite audit, dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial. Ukuran perusahaan diukur menggunakan logaritma natural dari total aset, dan profitabilitas diukur menggunakan Return on Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder berupa laporan keuangan dan Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Data tersebut diperoleh dari kantor IDX cabang semarang, dan dari situs www.idx.co.id. Data perusahaan yang diperoleh sesuai kriteria untuk dijadikan sampel berjumlah 14 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan ukuran komite audit, dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, firm size (ukuran perusahaan), profitabilitas, leverage dan free cash flow mempengaruhi praktik manajemen laba. Secara partial hanya kepemilikan insitusional, profitabilitas dan free cash flow yang dapat mempengaruhi praktik manajemen laba secara individual, sedangkan ukuran komite audit, dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, firm size, dan leverage secara individual tidak mempengaruhi praktik manajemen laba.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:26
    Last Modified: 04 May 2017 15:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21674

    Actions (login required)

    View Item