UDiNus Repository

Analisis Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan melalui Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI tahun 2012 - 2015)

MARTONO, SANJAYA (2017) Analisis Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan melalui Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI tahun 2012 - 2015). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3963b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel intervening. Struktur kepemilikan yang diuji terdiri dari kepemilikan institusional dan kepemilikan publik. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012 - 2015 dengan jumlah 48 perusahaan. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dan terpilih 40 perusahaan dengan total sampel 160 data penelitian dengan 43 data sampel yang terkena outlier. Dengan demikian jumlah akhir sampel yang layak diamati adalah 117 data perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepemilikan perusahaan yang terdiri dari kepemilikan institusional dan kepemilikan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Hasil penelitian juga membuktikan bahwa kepemilikan institusional dan kepemilikan publik tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil lain menunjukan bahwa kepemilikan publik dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) mampu memediasi hubungan antara kepemilikan publik dan nilai perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:26
    Last Modified: 04 May 2017 15:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21680

    Actions (login required)

    View Item