UDiNus Repository

Perbedaan Trading Volume Activity (TVA) Dan Harga Saham Saat Pelantikan Menteri ESDM Ignasius Jonan Pada Tahun 2016 (Pada Saham LQ45 Periode Agustus 2016 - Januari 2017)

SITI, LATIFAH (2017) Perbedaan Trading Volume Activity (TVA) Dan Harga Saham Saat Pelantikan Menteri ESDM Ignasius Jonan Pada Tahun 2016 (Pada Saham LQ45 Periode Agustus 2016 - Januari 2017). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3883b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan studi peristiwa yang bertujuan untuk menemukan ada atau tidak adanya reaksi pasar modal Indonesia terhadap salah satu peristiwa politik dalam negeri yaitu peristiwa pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 14 Oktober 2016, dengan menggunakan indokator Trading Volume Activity (TVA) dan Harga Saham. Populasi ini adalah saham-saham yang termasuk dalam saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia dan data yang digunakan adalah data sekunder berupa volume perdagangan dan harga saham harian yang 5 hari sebelum dan5 hari sesudah peristiwa terjadi. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan paired sample t-test, namun jika data yang diuji tidak normal maka menggunakan uji Wilxocon Signed Rank. Setelah diuji uji normalitas hasilnya data tidak terdistribusi normal, dengan demikian selanjutnya menggunakan uji Wilxocon Signed Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji wilxocon signed rank menunjukkan terdapat perbedaan trading volume activity sebelum dan sesudah pelantikan Menteri ESDM dengan tingkat signifikansi 0.281, sedangkan pada harga saham dengan signifikansi 0.095.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:27
    Last Modified: 04 May 2017 15:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21702

    Actions (login required)

    View Item