ALDI, GUSTAMA (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Air adalah sumber daya nasional yang menyangkut hajat hidup orang banyak, maka pengolahannya dipegang oleh pemerintah. Melalui Peraturan Daerah pelaksanaannya diserahkan kepada sebuah instansi. Dalam hal ini instansi yang menangani adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dimana PDAM merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran, untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran, untuk menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah pelanggan PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran yang diambil sebagian dari populasi. Pada penelitian ini responden yang dipilih adalah pelanggan PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran. Pelanggan yang diambil menjadi responden yaitu pelanggan yang sudah satu tahun menjadi pelanggan PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1). Kualitas Pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. 2). Kualitas Produk terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. 3). Harga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Pada variabel harga disarankan untuk menjadi pertimbangan menjalin kerja sama dengan mini market (seperti alfamart dan indomaret) dan menambah jumlah kios pembayaran online di desa atau lingkungan lain agar pelanggan tidak perlu jauh jauh untuk membayar rekening air di PDAM Kab.Semarang Cabang Ungaran.
Actions (login required)