UDiNus Repository

Pengaruh Penerapan Sistem e-Registration, e-SPT, dan e-Filling terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Semarang Timur

FATIMAH, AZYARAH BARIR (2017) Pengaruh Penerapan Sistem e-Registration, e-SPT, dan e-Filling terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Semarang Timur. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3704b) | Preview

    Abstract

    Kepatuhan Wajib Pajak adalah suatu pemenuhan kewajiban perpajakan yang dilakukan oleh wajib pajak. Langkah yang dilakukan DJP guna meningkatkan kepatuhan wajib pajak adalah dengan penerapan sistem online dan modernisasi sistem perpajakan. Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh penerapan sistem e-Registration, e-SPT, dan e-Filling terhadap kepatuhan wajib pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Populasi penelitian yaitu wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Semarang Timur. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan Sampling Purposive dan Sampling Aksidental sebagai teknik pengambilan sampel dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan sistem e-Filling berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Sistem e-Registration dan sistem e-SPT secara signifikan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Dengan demikian, modernisasi sistem e-Filling mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak, dan untuk sistem e-Registration dan e-SPT belum sepenuhnya dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:28
    Last Modified: 04 May 2017 15:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21742

    Actions (login required)

    View Item