UDiNus Repository

Penggunaan Metode Job Order Costing dalam Menentukan Harga Pokok Produksi untuk Meningkatkan Harga Jual pada Perusahaan Mebel (Studi Kasus Pada CV. SURYA GEMILANG JAYA SEMARANG)

DINI, WULANDARI CATUR (2017) Penggunaan Metode Job Order Costing dalam Menentukan Harga Pokok Produksi untuk Meningkatkan Harga Jual pada Perusahaan Mebel (Studi Kasus Pada CV. SURYA GEMILANG JAYA SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3790b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menguji penentuan harga pokok produksi pada CV Surya Gemilang Jaya Semarang dengan metode pesanan (metode job order costing) berdasarkan informasi biaya produksi pada Februari 2017. Perusahaan yang memproduksi berdasarkan pesanan yang masuk dari konsumen. Penentuan harga pokok produksi tersebut digunakan agar perusahaan dapat menaruh laba yang diharapkan manajemen ketika terjadi teknik tawar menawar dengan pihak konsumen. Hasil dari penelitian ini menemukan bukti bahwa dalam anggaran harga pokok pesanan menurut perusahaan sebesar RP. 7.796.600 meskipun menurut harga pokok pesanan dengan metode job order costing sebesar RP.7.036.000. Berdasarkan hasil analisis adanya perbandingan perhitungan harga pokok produksi antara perhitungan perusahaan dengan metode job order costing disebabkan karena perusahaan tidak mengenali secara rinci unsur - unsur harga pokok produksi, sehingga harga pokok produksi yang dihitung oleh perusahaan menjadi terlalu besar. Sebaiknya perhitungan harga pokok produksi lebih akurat maka mengharuskan perusahaan untuk menyusutkan harga pokok produksi agar harga jual suatu produk mampu menjadi lebih kecil.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:28
    Last Modified: 04 May 2017 15:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21751

    Actions (login required)

    View Item