UDiNus Repository

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak (Studi pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2015)

TRIKANTI, JANUARSIH (2017) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak (Studi pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2015). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pajak merupakan bagian yang sangat penting dalam penerimaan negara. Terdapat perbedaan kepentingan antara pemerintah dan perusaahaan. Bagi negara, pajak merupakan sumber pendapatan, tetapi bagi perusahaan pajak merupakan beban yang akan mengurangi laba bersih perusahaan. Kondisi tersebut yang menyebabkan perusahaan mencari cara untuk meminimalkan pembayaran pajak baik secara legal ataupun ilegal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang pengaruh ukuran perusahaan, kualitas audit, leverage terhadap penghindaran pajak pada perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode tahun 2010-2015. Variabel penghindaran pajak sebagai variabel dependen, dan ukuran perusahaan, kualitas audit, leverage sebagai independen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI periode 2010-2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 perusahaan dari total 10 perusahaan farmasi. Teknik pemilihan sampel diseleksi dengan metode purposive sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data kuantitatif. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda pada program SPSS V.20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, kualitas audit tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, leverage berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Hasil nilai Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 43,6% dan sisanya 56,4% dijelaskan oleh variabel - variabel lain.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:28
    Last Modified: 04 May 2017 15:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21752

    Actions (login required)

    View Item