AJIE, SUNNARYO (2016) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKKAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PT.KAI DI STASIUN PONCOL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3801b) | Preview |
Abstract
Sarana transportasi menjadi kebutuhan penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menuntut masyarakat untuk melakukan mobilitas yang sangat tinggi dan mengharuskan masyarakat untuk semakin jeli dan cerdas menentukan pilihan transportasi yang akan digunakan. Salah satu sarana transportasi tertua di dunia adalah kereta api. Kepuasan konsumen dibutuhkan demi keberhasilan perusahaan karena loyalitas terbentuk dari adanya kepuasan yang dirasakan oleh konsumen. Konsumen yang merasa puas akan menjadi konsumen yang loyal, dimana mereka akan merekomendasikan kepada konsumen lain tanpa dipaksa mengenai pelayanan yang diterimanya dari mulut ke mulut. Metode K-Means Clustering adalah suatu metode kalisifikasi unsupervised dalam teknik data mining yang mengelompokkan data kedalam satu atau lebih cluster. Metode ini mengelompokkan data ke dalam satu cluster yang memiliki karakteristik yang sama. Dengan penerapan metode k-means, Penelitian ini menghasilkan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan PT KAI di Stasiun Poncol. Dengan metode k-means dihasilkan dua klaster akhir yang menunjukan tingkat kepuasaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:32 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:32 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21783 |
Actions (login required)
View Item |