UDiNus Repository

Analisis Semiotika Makna Pesan Pada Iklan `Oreo Versi Animasi 2 Dimensi Wonderfilled Edisi Beri Oreo Untuk Si Vampire`

DWIKI, RIFANDI (2016) Analisis Semiotika Makna Pesan Pada Iklan `Oreo Versi Animasi 2 Dimensi Wonderfilled Edisi Beri Oreo Untuk Si Vampire`. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3994b) | Preview

    Abstract

    Perubahan iklan Oreo yang biasanya menggunakan anak-anak kecil sebagai tokoh utamanya berubah menjadi animasi dan hal ini menarik perhatian banyak orang. Salah satu iklannya adalah versi “Wonderfilled edisi beri Oreo untuk si vampire” , iklan ini menjadi menarik karena mendapat paling banyak viewer di youtube dengan pesan yang coba disampaikan kepada masyarakat dibalut dengan animasi 2D menjadikan iklan ini menarik untuk dianalisa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa makna pesan dalam iklan Oreo Edisi “Wonderfilled versi beri oreo untuk si vampire” dengan menggunakan pendekatan semiotika dari C.S Pierce dan Roland Barthes. Dari analisis yang telah dilakukan berdasarkan sinsign, qualisign, legisign serta penanda,petanda dan mitos pada iklan Oreo Edisi “Wonderfilled versi beri oreo untuk si vampire”, dapat diketahui iklan oreo ingin menyampaikan bahwa biskuit oreo memiliki keajaiban di dalamnya untuk merubah sifat, dari yang tadinya jahat menjadi baik dan selain itu pada iklan ini ingin menyampaikan bahwa kita harus berbagi kepada semua makhluk yang ada di dunia ini. Dan selain dari makna pesan hal lain yang bisa menarik perhatian masyarakat adalah perpaduan animasi dengan lagu serta bentuk karakter di dalam iklan tersebut yang dibuat sangat menarik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:32
    Last Modified: 04 May 2017 15:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21787

    Actions (login required)

    View Item