UDiNus Repository

PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR

RIKKI, MARENDRA (2016) PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4044b) | Preview

    Abstract

    Matematika merupakan ilmu penting yang ada dalam dunia pendidikan di seluruh dunia. Matematika sendiri adalah bagian ilmu penting yang digunakan serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah dasar anak-anak mulai mengenal matematika melalui materi pembelajaran operasional hitung dasar hingga ke level lebih tinggi. Namun sayangnya banyak ditemukan anak yang nilainya turun atau bahkan memiliki nilai yang buruk dalam mata pelajaran matematika di sekolah. Hal ini disebabkan oleh sistem pembelajaran konvensional yang membosankan bagi anak sehingga anak memiliki ketakutan akan matematika (mathematic anxiety). Perancangan permainan atau game ini dimaksudkan sebagai alternatif media belajar matematika dikemas dengan konsep bermain agar mengerjakan soal matematika dengan benar dan merasa senang tanpa tertekan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi kepada objek penelitian mengenai sebab nilai matematika anak yang turun, analisis data bersifat deskriptif menggunakan 5W+1H. Game ini dirancang untuk platform android yang umum digunakan di smartphone dengan model endless run yang mudah dimainkan dengan tujuan menjadi alternatif belajar dan memudahkan memahami isi dari game tersebut

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:32
    Last Modified: 04 May 2017 15:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21792

    Actions (login required)

    View Item