MUHAMMAD, MARDIANSYAH (2016) Perancangan Periklanan Dapur Keju Di Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, dunia kuliner di Kota Semarang terus berkembang sehingga menghasilkan beraneka ragam kuliner, mulai dari kuliner khas Kota Semarang maupun kuliner yang menawarkan nuansa baru atau keunikan seperti Dapur Keju. Dapur Keju merupakan nama kafe yang menawarkan semua kuliner dengan nuansa keju, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat dan telah berdiri sejak 6 tahun yang lalu. Banyaknya kedai-kedai baru yang bermunculan serta lokasi yang kurang strategis menyebabkan penjualan Dapur Keju dalam memasuki tahun ke-4 ini mengalami penurunan penjualan sampai memasuki tahun ke-6 penjualan masih belum meningkat. Dengan adanya permasalahan tersebut yaitu menurunnya penjualan, maka untuk meningkatkan penjualan maka diperlukan adanya media iklan yang efektif dan fokus pada segmentasi target audience. Untuk mencapai keefektifan dalam menyampaikan pesan kepada target audience maka dalam merancang strategi kreatif pada perancangan iklan komersil ini, digunakan metode analisa SWOT untuk menganalisa data-data yang ada. Strategi media yang digunakan untuk mencapai target pasar adalah dengan menggunakan billboard, poster, brosur, signboard, x-banner, dan merchandise. Dapur Keju menyampaikan pesan pada iklan komersil ini bahwa Dapur Keju merupakan kafe yang menawarkan berbagai macam menu dari olahan keju. Diharapkan melalui perancangan periklanan ini memperoleh perhatian dari masyarakat pada produk yang ditawarkan dan sekaligus membuat masyarakat untuk membeli produk dari Dapur Keju, sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Actions (login required)