UDiNus Repository

ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KELAYAKAN KREDIT PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DI PD. BPR BKK DEMAK CABANG SAYUNG

HUMA, ILHAMI PIJAR (2016) ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI KELAYAKAN KREDIT PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DI PD. BPR BKK DEMAK CABANG SAYUNG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3944b) | Preview

    Abstract

    Dalam memajukan perekonomian masyarakat, peranan perbankan sangatlah besar. Hampir kegiatan perekonomian membutuhkan pelayanan dari bank. Salah satu dari pelayanan dari bank untuk memajukan perekonomian yaitu kredit. Akan tetapi sekarang permasalahan tentang kredit bisa dapat terjadi, salah satunya apabila kredit bermasalah melebihi standar kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, rasio non-performing loan net (NPL-net) atau kredit bermasalah apabila melebihi 5% dinyatakan bermasalah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan permasalah tersebut dengan merancang sistem pendukung keputusan data mining untuk memprediksi kreteria calon nasabah yang hendak mengajukan kredit untuk meminimalkan resiko kredit bermasalah. Data Mining yang diterapkan pada sistem pendukung keputusan ini yaitu klasifikasi dengan pendekatan metode Knowledge Discovery in Database (KDD). Algoritma yang dipakai adalah Algoritma C4.5. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat memprediksi calon nasabah yang hendak melakukan kredit di masa depan agar dapat mempertimbangkan penerimaan calon nasabah yang melakukan kredit agar meminimalisir resiko kredit agar tidak melebihi standar kesehatan perbankan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:33
    Last Modified: 04 May 2017 15:33
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21807

    Actions (login required)

    View Item