GELAR, RAMADHAN FAIZAL (2016) Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Menu Paket Makanan Pada Nanamia Pizzeria. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Banyaknya usaha resto baru yang bermunculan berdapak pada turunnya omset penjualan pada Nanamia Pizzeria hingga 5% pada bulan belakangan ini. Nanamia Pizzeria memiliki banyak sekali data transaksi penjualan yang tersimpan didalam suatu database, sehingga dari data transaksi tersebut dapat digali pengetahuan untuk menganalisis pola pembelian konsumen dengan menggunakan data mining. Apriori merupakan salah satu algoritma dari fungsi asosiasi yang mana masuk dalam prosedur Market Basket Analysis (Analisis Keranjang Pasar) pada data mining yang mampu menemukan pengetahuan baru berupa itemset yang dibeli oleh konsumen secara bersamaan dalam satu transaksi. Setiap pola memiliki 2 parameter utama yaitu nilai support (Pendukung) dan nilai confidence (kepercayaan). Sehingga dari parameter ini dapat ditemukan sebuah kaidah asosiasi dengan menggunakan algoritma apriori, dengan cara tidak lagi mengikutsertakan kandidat itemset yang tidak memenuhi nilai support. Implementasi data mining menggunakan RapidMiner membantu menemukan pola pembelian konsumen dengan akurat, diantaranya adalah jika membeli Lasagne Classica maka akan membeli Ice Tea dengan nilai suppport = 43.6% dan nilai confidence = 76.9%, jika membeli Cocacola maka akan membeli Ice Tea dengan nilai support 42.5% dan nilai confidence 79.3%, jika membeli Nanamia Speciale maka akan membeli Ice Tea dengan nilai support 45.7% dan nilai confidence 79.8%. Dari pola pembelian yang ditemukan maka dapat digunakan untuk menentukan promosi penjualan berupa pemberian diskon untuk paket makanan dan minuman yang masuk dalam pola yang telah ditemukan.
Actions (login required)