UDiNus Repository

Implementasi dengan Service Oriented Architecture (SOA) berbasis webservice pada Aplikasi Informasi Rumah Sakit Kota Semarang

TOMI, SETIAWAN JON (2016) Implementasi dengan Service Oriented Architecture (SOA) berbasis webservice pada Aplikasi Informasi Rumah Sakit Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3856b) | Preview

    Abstract

    Rumah Sakit sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional. Fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai upaya pencegahan dan perawatan kesehatan. Jumlah penduduk kota semarang sebanyak 1,556 juta pada tahun 2010. Namun terdapat masalah dimana informasi yang ada tentang tempat layanan kesehatan seperti Rumah Sakit tidak tersebar dengan baik dan dilakukan dengan cara yang manual seperti pemasangan poster dan tanda dijalan-jalan. Untuk mengenalkan Rumah Sakit kepada masyarakat diperlukan upaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi tentang Rumah Sakit seperti lokasi, jenis layanan dan jumlah ruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi yang dapat menyediakan data informasi dan lokasi Rumah Sakit kota Semarang dengan SOA berbasis Web Service. Penelitian ini berhasil merancang dan membangun perangkat lunak yang dapat menyediakan data informasi seperti lokasi, fasilitas, ruang tersedia dan informasi penting lainnya terkait rumah sakit di kota semarang uang diimplementasikan dengan SOA berbasis web service. Sistem yang telah dibuat diharapkan dapat membantu masyarakat kota semarang untuk mengakses informasi penting terkait rumah sakit.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:34
    Last Modified: 04 May 2017 15:34
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21843

    Actions (login required)

    View Item