DIMAS, SAPUTRA BAGUS (2016) PERANCANGAN GAME SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN UNTUK TERAPI ANAK-ANAK PENYANDANG AUTISME. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Autisme merupakan sebuah kelainan yang menyerang sistem saraf anak sejak usia dini, sehingga menyebabkan beberapa gangguan berupa output bisa menjadi kurang atau bahkan berlebihan. Kelainan Autisme mempengaruhi cara berbicara, berpikir dan berinteraksi sosial kepada yang lain. Anak yang mengalami kelainan autisme lebih mengisolasi diri mereka kepada dunia luar baik interaksi maupun berbagai jenis komunikasi dengan sebayanya, sebab imajinasi mereka memiliki dunia sendiri dan nyaman dengan apa yang mereka lakukan. Mereka mengisolasi diri mereka dengan tujuan untuk memperoleh ketenangan. Setiap tahun di Indonesia pengidap autisme meningkat menjadi ratusan, para ahli belum dapat memastikan apa penyebab utama dari autisme namun diprediksi genetika dan lingkungan menjadi faktor yang menyebabkan autisme. Anak autis dapat ditangani dengan menggunakan terapi, salah satunya adalah game. Game merupakan sebuah media yang memiliki isi berupa suara, animasi dan gambar yang merupakan salah satu jenis terapi visual, mengingat anak autis memiliki memori yang bagus terhadap memori visual. Metode observasi, wawancara dan literatur merupakan metode yang perancang pilih untuk menemukan data dan informasi. Menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sebagai metode data, serta analisis 5W+1H sebagai metode analisis untuk memfokuskan masalah. Game ini ditempatkan untuk media smartphone android yang dapat dijadikan media belajar untuk terapi anak autis sebagai terapi visual alternatif.
Actions (login required)