UDiNus Repository

Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Mengklasifikasi Nasabah Yang Berpotensi Mengambil Kredit Pada KSU Kota Santri di Kab.Pekalongan

SEPTI, ARIYATUN (2016) Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Mengklasifikasi Nasabah Yang Berpotensi Mengambil Kredit Pada KSU Kota Santri di Kab.Pekalongan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3337b) | Preview

    Abstract

    Kredit merupakan salah satu fasilitas penggunaan dana yang disediakan oleh pihak perbankan seperti koperasi. Dibutuhkan nasabah untuk menunjang suatu kredit. Klasifikasi nasabah bertujuan untuk menentukan kriteria nasabah yang berpotensi mengembalikan pinjaman sesuai waktu pelunasan. Dalam Penelitian ini algoritma C4.5 akan diterapkan pada data nasabah untuk menentukan kriteria nasabah yang mengambil kredit pada KSU Kota Santri di Kab. Pekalongan dengan menggunakan RapidMiner. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada algoritma C4.5 mempunyai nilai akurasi sebesar 99.44%. Data nasabah yang sudah diolah menghasilkan pohon keputusan yang nantinya akan dijadikan rule untuk menentukan kriteria nasabah yang berpotensi mengambil kredit.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:35
    Last Modified: 04 May 2017 15:35
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21852

    Actions (login required)

    View Item