UDiNus Repository

Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means untuk menemukan pengelompokan absensi pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang

MUCHAMMAD, ZULVIKAR (2016) Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means untuk menemukan pengelompokan absensi pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pertumbuhan yang pesat dari akumulasi data telah menciptakan kondisi kaya akan data tapi minim informasi. Data mining merupakan penambangan atau penemuan informasi baru dengan mencari pola atau aturan tertentu dari sejumlah data dalam jumlah besar yang diharapkan dapat mengatasi kondisi tersebut. Absensi adalah tingkat kehadiran pegawai yang berkenaan dengan tanggung jawab. Kehadiran berkenaan dengan tanggung jawab pegawai saat bekerja, pegawai yang hadir tepat waktu dan tidak terlambat saat masuk kerja bisa dikatakan mempunyai sifat disiplin. Dalam rangka meningkatkan penertiban administrasi kepegawaian khususnya pencatatan kehadiran pegawai di lingkungan Kota Semarang, setiap Pegawai Negeri Sipil harus masuk kerja dan menaati jam kerja. Metode Fuzzy C-Means digunakan untuk mengelompokan absensi pegawai per bulan, Banyaknya jumlah transaksi absensi Pegawai Negeri Sipil yang dihasilkan dengan keterangan absensi masuk kurang dari pukul 07.00, lebih dari pukul 07.00, absensi kurang dari jam pulang, lebih dari jam pulang (Jam pulang senin s/d kamis pukul 15.15 WIB dan jum’at pukul 12.00 WIB) dan tanpa keterangan dapat dikelompokan menggunakan metode Fuzzy C-Means.Hasil penelitian ini menghasilkan informasi absensi pegawai dengan pengelompokan selama tiga bulan dengan hasil kategori tinggi, sedang, rendah sehingga membantu Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang dalam memonitoring absensi pegawai. Aplikasi pada penelitian ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman Borland Delphi 7 dan database MySQL 5.0.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:35
    Last Modified: 04 May 2017 15:35
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21862

    Actions (login required)

    View Item