UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PENJURUSAN SISWA PADA MA NEGERI KENDAL

MUHAMMAD, TAMZIZ RIZKHA (2016) PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PENJURUSAN SISWA PADA MA NEGERI KENDAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penjurusan siswa merupakan proses pemilihan bidang keahlian studi berdasarkan kemampuan dalam potensi diri seorang siswa. Penjurusan siswa merupakan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui kurikulum 2013 yang berlaku saat ini. Dengan adanya kurikulum 2013 membuat proses penjurusan siswa semakin sulit karena penjurusan dilakukan awal masuk kelas X dan mempertimbangkan banyak faktor yang ada, pihak sekolah mengalami kesulitan dalam memproses pemilihan jurusan ,karena dilakukan secara manual serta data yang terkumpul cukup banyak, jika tidak dengan teliti maka akan ada kemungkinan terjadi kesalahan dalam melakukan proses penjurusan. Oleh karena itu diperlukannya teknik Data Mining dengan menggunakan metode klasifikasi algoritma C4.5 untuk mengklasifikasi penjurusan siswa di MAN Kendal. Algoritma C4.5 merupakan algoritma yang digunakan untuk membentuk pohon keputusan dengan metode klasifikasi. Pohon keputusan dapat mengubah data fakta untuk diperjelas namun dengan mempresentasikan aturan yang simple, dapat diekspresikan di database. Dengan menerapkan algoritma C4.5 ini dapat membantu mengklasifikasi penjurusan siswa secara akurat. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa klasifikasi data siswa baru MAN Kendal tahun ajaran 2015/2016 dapat diselesaikan menggunakan teknik data mining, dengan metode algoritma C4.5. Akurasi yang diperoleh dari metode algoritma C4.5 adalah sebesar 82.7922% dengan error rate sebesar 17.2078%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:35
    Last Modified: 04 May 2017 15:35
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21869

    Actions (login required)

    View Item