UDiNus Repository

Analisis Tata Kelola dan Evaluasi Kinerja SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) Pada RSUD Dr. R. Soeprapto Cepu Berdasarkan Framework COBIT 5

FIEBRI, ANDRINISWARI (2016) Analisis Tata Kelola dan Evaluasi Kinerja SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) Pada RSUD Dr. R. Soeprapto Cepu Berdasarkan Framework COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penggunaan sistem dan teknologi informasi pada saat ini merupakan hal penting dalam meningkatkan proses bisnis pada setiap perusahaan. Rumah sakit adalah salah satu contoh instansi negara yang menyediakan pelayanan publik, sehingga memerlukan sistem tata kelola TI yang baik untuk memberikan efisiensi dan efektifitas dalam mengelola seluruh informasi kesehatan serta membantu dewan direksi dalam mengambil keputusan. Pada saat ini RSUD Dr.R.Soeprapto Cepu belum pernah melakukan analisis tata kelola teknologi informasi pada SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) yang dimilikinya. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mengambil topik penelitian mengenai evaluasi tata kelola teknologi informasi sesuai standart COBIT 5 yang berfokus pada proses MEA01 (Monitoring, Evaluate and Assess). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kapabilitas tata kelola teknologi informasi saat ini dan mengetahui gap pada MEA01 (Monitoring, Evaluate and Assess). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi dokumen, kuesioner dan wawancara kemudian dianalisis tingkat kapabilitas serta menggunakan perhitungan skala Guttman. Nilai kapabilitas yang diperoleh adalah 2,78 yaitu berada di level 3 (Established Process). Artinya proses MEA01 telah dilakukan dan dikelola berdasarkan rencana kerja organisasi yang disesuaikan dengan visi misi RSUD Dr.R.Soeprapto Cepu. Untuk mencapai nilai kapabilitas 4 maka perlu menerapkan hasil rekomendasi dan melakukan strategi perbaikan pada level 1-4 secara bertahap.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:36
    Last Modified: 04 May 2017 15:36
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21874

    Actions (login required)

    View Item