UDiNus Repository

Klasifikasi Siswa Teladan dengan Algoritma C4.5 dan Metode Fuzzy Mamdani

ANIS, FU'ADI (2016) Klasifikasi Siswa Teladan dengan Algoritma C4.5 dan Metode Fuzzy Mamdani. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    MTs. Mu’allimin Mu’allimat Rembang merupakan MTs tertua di rembang, disini siswa mendapat tambahan ilmu dan pembinaan akhlak. Pemilihan siswa teladan dilaksanakan setiap akhir semester. Pemilihan siswa teladan di setiap sekolah pada umumnya berdasarkan nilai raport. Akan tetapi pemilihan siswa teladan yang berdasarkan nilai akademik saja ternyata berdampak hanya meningkatkan persaingan akademik saja, sedangkan aspek akhlak/sikap dilupakan. Berdasarkan permasalahan diatas maka diperlukan untuk membuat aplikasi yang menerapkan Algoritma C4.5 dan metode fuzzy Mamdani untuk menentukan siswa teladan di MTs. Mu’allimin Mu’allimat Rembang. Algoritma C4.5 adalah adalah algoritma yang bisa digunakan untuk membentuk suatu pohon keputusan. Metode pohon keputusan dapat merubah fakta yang sangat besar yang akan menjadi suatu pohon keputusan yang mempresentasikan aturan. Fuzzy adalah himpunan tidak tegas yang berkaitan dengan fungsi yang menyatakan derajat kecocokan unsur-unsur semestanya dengan syarat keanggotaan himpunan tersebut. Aplikasi ini dibuat berbasis web menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP)dan My Structured Query Language (MySQL). Hasil yang diperoleh dalam uji coba prediksi dengan menggunakan aplikasi diperoleh perhitungan dengan menngunakan Mean Absolute Persent Eror (MAPE) menunjukkan nialai sebesar 71,6717%. Pada tahap selanjutnya dapat dikembangkan lagi dengan metode-metode yang lainnya sebagai pembanding.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:36
    Last Modified: 04 May 2017 15:36
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21875

    Actions (login required)

    View Item