UDiNus Repository

Peringkas Dokumen Otomatis Menggunakan Pembobotan Kalimat Term Frequency Invers Document Frequency (TF-IDF) Berbasis Mobile

MAYA, ZULIASTUTI PUJI (2016) Peringkas Dokumen Otomatis Menggunakan Pembobotan Kalimat Term Frequency Invers Document Frequency (TF-IDF) Berbasis Mobile. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3609b) | Preview

    Abstract

    Membaca keseluruhan dokumen membutuhkan waktu yang lama untuk memahami isi penting yang disampaikan, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat, dokumen dari berbagai sumber dapat di temukan dengan mudah dan cepat, jika membaca keseluruhan informasi yang disediakan maka akan melelakan dan lama, namun jika terdapat peringkas teks otomatis bahasa indonesia maka inti dari informasi yang ada akan otomatis menjadi ringkasan yang tidak menghilangkan kalimat pentingnya serta dapat membantu menemukan inti informasi dengan cepat, jadi pembaca tidak perlu membaca secara keseluruhan teks untuk memperoleh sebuah ringkasan . Pada penelitian ini menggunakan metode TF-IDF untuk meringkas secara otomatis teks bahasa indonesia, dimana metode ini menggunakan pembobotan untuk setiap kata dalam kalimat, sehingga kata dengan kemunculan terbanyak merupakan sebuah kalimat yang penting. Perhitungan tersebut akan menghasilkan kumpulan kalimat terpenting dari keseluruhan dokumen bahasa Indonesia.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:36
    Last Modified: 04 May 2017 15:36
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21878

    Actions (login required)

    View Item