UDiNus Repository

Implementasi Steganografi pada Citra Digital Menggunakan Metode Bit Plane Slicing Berlapis Permutasi Algoritma Arnold Cat Map

BRIAN, RAHMAWAN FEBRI (2016) Implementasi Steganografi pada Citra Digital Menggunakan Metode Bit Plane Slicing Berlapis Permutasi Algoritma Arnold Cat Map. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3886b) | Preview

    Abstract

    Keamanan data merupakan suatu hal yang penting dalam pertukaran informasi. salah satu solusi yaitu menggunakan teknik steganografi, dimana informasi yang bersifat rahasia dapat diamankan agar tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak mempunyai akses terhadap informasi tersebut. Berbagai macam metode steganografi yang sudah ada, salah satunya yaitu metode Bit Plane Slicing. Bit Plane menggunakan bilangan biner, dimana hanya ada 0 dan 1 dan setiap bit plane mewakili 1 bit dari total 8 bit. Dari 8 bit tersebut pilih salah satu bit plane yang akan dipotong dan disisipkan pesan rahasia. Tetapi meskipun begitu, menyembunyikan pesan dengan steganografi saja memiliki tingkat keamanan yang rendah. untuk meningkatkan keamananan, dibutuhkan kunci dan diperlukan enkripsi pada media tersebut. Algoritma Arnold Cat Map merupakan enkripsi berbasis chaos yang memiliki karakteristik yaitu jika nilai awal dari sistem yang memiliki konsep chaos diubah sedikit saja, maka tidak berhasil didekripsi. Arnold Cat Map mentransformasikan koordinat (x, y) di dalam citra yang berukuran N x N ke koordinat baru (xi+1, yi+1). Setelah dilakukan penelitian, bit plane yang layak digunakan untuk steganografi adalah bit plane 1 sampai dengan 4 karena nilai PSNR nya diatas 30 dB.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:37
    Last Modified: 04 May 2017 15:37
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21896

    Actions (login required)

    View Item