UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DETEKSI MARKER GAMBAR 2D DENGAN METODE SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM (SIFT) UNTUK APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMAKAMAN ELIT

DARA, SARI CINTHIA (2016) IMPLEMENTASI DETEKSI MARKER GAMBAR 2D DENGAN METODE SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM (SIFT) UNTUK APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMAKAMAN ELIT. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3954b) | Preview

    Abstract

    Penerapan teknologi Augmented Reality (AR) dengan menggunakan metode Markerless masih sering dijumpai, terlebih metode tersebut merupakan salah satu metode AR yang berkembang pesat. Karena metode ini memiliki ruang lingkup yang lebih luas dibanding dengan Marker Based Tracking. Selain itu metode pengenalan pola marker yang digunakan oleh library Vuforia adalah Natural Feature Tracking (NFT) dean metode SIFT yang mendeteksi atau melacak titik-titik (interest point) atau sudut-sudut (corner) pada suatu gambar. Diawali dengan pendeteksian pola luar gambar, kemudian dilakukan analisa tepi untuk mendapatkan pendeteksian sudut (corner) sehingga dapat menampilkan objek 3D yang lebih cepat. Oleh karena itu penulis ingin merepresentasikan proses pemindaian citra, dari sebuah aplikasi yang penulis kembangkan. Proses pemindaian citra pada aplikasi augmented reality ini akan direpresentasikan menggunakan program matlab dengan metose Scale Invariant Feature Transfrom (SIFT) yang akan diklasifikasikan dalam : Scale-Space Extrema Detection, Keypoint Localization, Accurate Keypoint Localization, Orientation Assignment, Keypoint Descriptor.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:39
    Last Modified: 04 May 2017 15:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21920

    Actions (login required)

    View Item