UDiNus Repository

SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT DENGAN METODE FOWARD CHAINING DAN TEOREMA BAYES

NANDA, SUSILA INDRA (2016) SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT DENGAN METODE FOWARD CHAINING DAN TEOREMA BAYES. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Bencana kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi pada setiap tahunnya telah mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Banyaknya korban jiwa yang diakibatkan karena keterlambatan penanganan akibat keterbatasan pengetahuan masyakat tentang penyakit Infeksi Sistem Pernapasan Akut (ISPA) menjadi salah satu alasan tingginya angka kematian di wilayah tersebut. Keterbatasan pakar dan belum adanya perangkat lunak yang bisa untuk mendiagnosis ISPA dengan angka kepastian menjadi masalah lain akan tingginya angka kematian karena wabah ini. Perangkat lunak ini diharapkan dapat memberikan informasi akurat tentang ISPA kepada masyarakat luas termsuk membantu pakar agar meminimalisir kesalahan pada diagnosa. Dan diharapkan dengan adanya perangkat lunak ini masyarakat dapat segera menindak lanjuti dirinya atau orang disekitar terjangkit ISPA, guna menghindari tidak adanya penanganan karena ketidak tahuan masyarakat dan menekan angka kematian akibat tindakan tersebut. Sistem ini bekerja menggunakan penalaran maju (foward chaining) dengan menganalisa dari gejala-gejala yang timbul untuk menghasilkan beberapa kesimpulan. Kemudian dari kesimpulan tersebut akan dihitung menggunakan teorema bayes sebagai alat untuk menangani masalah probabilitas secara statistik sehingga didapatkan nilai kepastian pada diagnosis yang ditimbulkan. Pada akhir penulisan laporan ini akan diadakan evaluasi guna mengetahui aktivitas apa sudah baik dan yang kurang sempurna dari sistem ini agar kedepannya dapat dilakukan pengembangan yang akan menyempurnakan kemampuan dari perangkat lunak yang dibuat.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:40
    Last Modified: 04 May 2017 15:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21942

    Actions (login required)

    View Item