UDiNus Repository

Klasifikasi Penyakit Diabetes Melitus Menggunakan Algoritma C4.5 Dan Seleksi Fitur Particle Swarm Optimization (PSO) Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

FARISAL, SAPUTRA ADI (2016) Klasifikasi Penyakit Diabetes Melitus Menggunakan Algoritma C4.5 Dan Seleksi Fitur Particle Swarm Optimization (PSO) Pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3817b) | Preview

    Abstract

    Diabetes Mellitus adalah gangguan metabolisme yang ditandai dengan kenaikan gula darah karena penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan fungsi insulin ordisorder (resistensi insulin). Hasil Kesehatan researchin 2008, menunjukkan kejadian diabetes mellitus di Indonesia mencapai 57%, penyakit harus dikendalikan dan dipelihara untuk pencegahan efisien dan berkelanjutan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik data mining dengan algoritma C4.5. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan pasien diabetes mellitus dengan menggunakan algoritma C4.5. Penelitian ini menggunakan 8 atribut dan pembobotan atribut dilakukan untuk menghitung relevansi setiap atribut. Hasil pembobotan dari 8 atribut yang digunakan, hanya 4 atribut yang mempengaruhi pola pohon keputusan dan akurasi yang diperoleh mencapai 43,33%, yang mengalami penurunan dari hasil sebelumnya 60%. Hasil pemodelan ini kemudian diolah dengan menggunakan algoritma C4.5 dan menghasilkan aturan yang harus diterapkan pada pelaksanaan sistem klasifikasi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:41
    Last Modified: 04 May 2017 15:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21955

    Actions (login required)

    View Item