UDiNus Repository

AUDIT KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ISO/IEC 27001:2005 (STUDI KASUS : LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO)

SHINTA, SINTIA MEI (2016) AUDIT KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ISO/IEC 27001:2005 (STUDI KASUS : LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3982b) | Preview

    Abstract

    Keamanan jaringan merupakan sektor yang sangat penting untuk dapat mendukung terwujudnya kondisi yang baik dalam penerapan Teknologi Informasi. Pada laboratorium komputer Universitas Dian Nuswantoro belum terdapat jaminan keamanan jaringan bagi pengguna sehingga rentan terhadap ancaman dan dikhawatirkan munculnya pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan memanfaatkan kerangka kerja yang tersedia, keamanan baik fisik maupun logik dapat dilakukan. Kerangka kerja ISO/IEC 27001:2005 digunakan sebagai dasar untuk pengembangan proses keamanan jaringan berdasarkan pada kebutuhan organisasi. Implementasi kerangka kerja menggunakan PDCA model dengan menguraikan keempat proses dalam pelaksanaan penelitian yaitu berupa tahap pemilihan klausul yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan organisasi, pembuatan ceklis sesuai dengan kerangka kerja yang digunakan, melakukan evaluasi berupa pemeriksaan menggunakan ceklis, hingga penetapan tindakan yang diperlukan untuk perbaikan pada hasil kelemahan yang diperoleh. Dari hasil ppenelitian menunjukkan bahwa kerangka kerja yang digunakan dapat mengevaluasi kelemahan pada laboratorium komputer Universitas Dian Nuswantoro yatu dari sisi kebijakan, prosedur serta kontrol akses pada jaringan sehingga mampu memberikan acuan perbaikan untuk sarana monitoring keamanan jaringan agar selalu up-to-date dalam keamanannya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:42
    Last Modified: 04 May 2017 15:42
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21980

    Actions (login required)

    View Item