UDiNus Repository

SISTEM PENJADWALAN PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY EVOLUSI STUDI KASUS DI SMK ALFATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK

LUQMAN, MALIK ABDUL (2016) SISTEM PENJADWALAN PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY EVOLUSI STUDI KASUS DI SMK ALFATTAAH BOARDING SCHOOL DEMAK. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penyusunan jadwal mengajar untuk saat ini masih manual atau berupa file excel dan dirundingkan antara kepala sekolah dan wakil kepala kurikulum. Masalah dalam penempatan jam dan penggunaan laboratorium komputer saat ini memakai jadwal yang sudah tersedia, tetapi penggunaan ruang beserta mata pelajaran yang akan menggunakan ruang laboratorium belum tersedia sesuai jadwal pelajaran. Hal ini menjadi kendala dalam penggunaan ruang laboratorium komputer setiap harinya dan terjadi terus-menerus setiap hari dan setiap minggu. Tetapi belum terbentuknya jadwal penggunaan ruang laboratorium komputer secara merata untuk kelas-kelas yang memang membutuhkan praktik pada kompetensi mata pelajaran tersebut dan hanya mengandalkan datang lebih dahulu masuk dalam laboratorium komputer. Penjadwalan penggunaan laboratorium komputer ini diharapkan dapat memperoleh jadwal dengan jumlah jam pelajaran yang sudah ditentukan dan jadwal pelajaran mengajar yang merata untuk setiap guru pelajaran dan siswa dapat terpenuhi untuk menggunakan laboratorium komputer sesuai jadwal agar tidak terjadi benturan. Suatu metode yang menggabungkan antara algoritma genetika dengan sistem fuzzy di kenal sebagai algoritma fuzzy evolusi, tetapi metode ini memiliki persamaan dengan algoritma genetika. Tetapi dengan sistem fuzzy yang menggunakan parameter-parameter untuk mendapatkan hasil. Dalam algoritma fuzzy evolusi memiliki beberapa tahap antara lain : Merepresentasikan kromosom, Menginisialisasi Populasi, Menentukan Fungsi Evaluasi, Melakukan Seleksi, Menentukan Operator genetika, dan meliputi kombinasi ulang pada (crossover) dan mutasi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:42
    Last Modified: 04 May 2017 15:42
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21984

    Actions (login required)

    View Item