FAJAR, KURNIAWAN APIT (2017) PERANCANGAN BUKU PEMBELAJARAN HERO MATH-IC UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS 1 SD. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Perkembangan ilmu matematika di Negara Indonesia ini masih jauh tertinggal oleh Negara lain. Dibuktikan dari survey PISA yang dilakukan oleh OECD pada tahun 2012 indonesia menduduki peringkat ke 64 dari 65 negara dengan skor 375 pada pelajaran matematikanya. Oleh sebab itu Indonesia menjadi Negara yang tertinggal oleh Negara lainnya dalam pelajaran matematika. Matematika dianggap membebani siswa, dikarenakan metode pembelajaran yang konvensional, metode ini dianggap mendoktrin anak, sehingga anak lebih terbebani. Metode mendoktrin ini menyuruh anak untuk menghafal sebagai cara pembelajaran matematika, dan menghafal ini menjadi beban yang berat bagi anak, dan ini menyebabkan anak kurang berminat dalam belajar matematika. Kurangnya alat peraga yang menarik minat siswa dalam belajar matematika juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan siswa kurang berminat dalam pelajaran matematika. Maka dari itu dibuatlah buku pembelajaran matematika dengan pendekatan visual superhero. Penelitian ini menggunakan netode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada objek penelitian untuk mencari alasan siswa kurang tertarik dengan matematika. Setelah data terkumpul, maka dilakukan analisis 5W+1H untuk menarik hipotesa dari penelitian ini. Dari hasil penelitian diperoleh media interaktif berupa buku pembelajaran matematika yang tidak hanya berisi materi tetapi berisi permainan dan mewarnai sehingga menarik bagi anak.
Actions (login required)