UDiNus Repository

E-BUDGETING APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERBASIS WEB DENGAN METODE PENGEMBANGAN INKREMENTAL DI PEMERINTAHAN KABUPATEN PATI

EGO, PRASTIYO BAKTI (2017) E-BUDGETING APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA BERBASIS WEB DENGAN METODE PENGEMBANGAN INKREMENTAL DI PEMERINTAHAN KABUPATEN PATI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pada tanggal 15 januari 2014, telah disahkan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pengaturan tentang Desa yang dimuat di dalam UU tersebut mengalami perubahan secara signifikan. Dimana Desa – Desa di Indonesia akan mengalami reposisi dan pendekatan baru dalam pelaksanaan pembangunan dan tata kelola pemerintahannya. Di dalam pelaksanaan pembangunan dan tata kelola pemerintah Desa, tidak akan terlaksana tanpa adanya proses pengelolaan keuangan. Proses pengelolaan keuangan di Desa memiliki beberapa siklus diantaranya: penyusunan anggaran, penetapan anggaran, pelaksanaan anggaran dan laporan pertanggungjawaban. Dalam menjalankan proses tersebut, pemerintah Desa harus mengelola anggaran secara terbuka (transparan), akuntabel, partisipatif serta tertib dan disiplin anggaran. E-Budgeting merupakan salah satu bentuk aplikasi e-goverment dalam bidang anggaran. E-Budgeting dapat diartikan sebagai pengelolaan keuangan melalui teknologi untuk membantu meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas pemerintah. Sistem ini menyangkut pengelolaan uang rakyat (public money). Untuk terciptanya sebuah aplikasi e-budgeting yang diharapkan, perlu adanya model pengembangan perangkat lunak. Rapid Aplication Development (RAD) adalah model proses pengembangan perangkat lunak yang bersifat inkremental terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek. Model inkremental atau RAD adalah adaptasi dari model air terjun (waterfall) versi kecepatan tinggi dengan menggunakan model air terjun untuk pengembangan setiap komponen perangkat lunak.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:43
    Last Modified: 04 May 2017 15:43
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22009

    Actions (login required)

    View Item