UDiNus Repository

Rancang Bangun Sistem Pengaduan Teknis Bagi Pelanggan Dengan Metode Kano Berdasarkan Dimensi Servqual Pada PT. MNC Sky Vision Semarang

DELLA, SASTIARA (2017) Rancang Bangun Sistem Pengaduan Teknis Bagi Pelanggan Dengan Metode Kano Berdasarkan Dimensi Servqual Pada PT. MNC Sky Vision Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. MNC Sky Vision Tbk merupakan sebuah perusahaan yang memegang lisensi pendistribusian tayangan televise berlangganan melalui satelit dibawah naungan MNC Media yang merupakan sebuah grup media terbesar di Indonesia sejak tahun 1998. Dengan memiliki jumlah pelanggan yang begitu banyak PT. MNC Sky Vision mengutamakan kepuasan pelayanan pelanggan, selain menjadi sebuah faktor penting dalam kelangsungan perusahaan PT. MNC Sky Vision kepuasan pelayanan pelanggan dapat meningkatkan keunggulan persaingan bisnis perusahaan, jika pelanggan telah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan PT. MNC Sky Vision, maka besar kemungkinan menjadi pelanggan yang bertahan dalam waktu yang lama, hal ini menunjukan bahwa kepuasan pelanggan merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan. Untuk pelayanan pengaduan pelanggan PT. MNC Sky Vision menyediakan customer care 24 jam layanan untuk membantu pelanggan, akan tetapi dengan jumlah pelanggan yang begitu banyak dan tersebar di seluruh Indonseia pelanggan terkadang kesulitan untuk mnghubungi customer care. Adanya customer care 24 jam tidak menjamin memiliki kemudahan untuk mendapatkan pelayanan. Oleh karena itu perlu adanya sebuah Rancang Bangun Sistem Pelayanan Pelanggan Online Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Kano Berdasarkan Dimensi Servqual Pada PT. MNC Sky Vision. Sehingga tujuan bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelayanan pelanggan dapat terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode kano yang berdimensi servqual untuk menganalisa permasalahan dengan data yang digunakan adalah pengambilan angket terhadap pelanggan. Berdasarkan metode kano tersebut dapat menghasilkan sebuah skema yang terdiri dari must be (M), one dimensional (O), attractive (A), indifference (I), reversible (R), questionable (Q). Hasil dari pengambilan angket dengan berdasarkan skema Kano ini dapat mengetahui keinginan pelanggan untuk mendapatkan kepuasan pelayanannya. Dalam sistem pelayanan ini PT.MNC Sky Vision dapat memberikan respon langsung untuk pelanggan dengan sms gateway.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:44
    Last Modified: 04 May 2017 15:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22037

    Actions (login required)

    View Item