UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY LOGIC PADA PENILAIAN KELAYAKAN SISTEM PERKREDITAN MOTOR PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAMDANI

A'ANG, ROCHIM NUR (2017) IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY LOGIC PADA PENILAIAN KELAYAKAN SISTEM PERKREDITAN MOTOR PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAMDANI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3939b) | Preview

    Abstract

    Kebutuhan akan alat transportasi semakin hari semakin meningkat. Transportasi yang sering digunakan masyarakat adalah sepeda motor karena efisien dan cara cepat dalam mengatasi kemacetan di jalan. Khusus untuk masyarakat kalangan menengah kebawah biasanya mengandalkan badan perkreditan untuk membeli sepeda motor. Salah satu badan perkreditan di Indonesia yang melayani kredit sepeda motor adalah PT Federal International Finance. Namun didalam penerapan sistem kredit sering terjadi kredit macet. Untuk itu untuk mengendalikan kredit macet tersebut bisa dilakukan beberapa teknik salah satunya adalah teknik preventif. Terdapat beberapa kriteria yang biasanya digunakan dalam teknik ini, yaitu teknik 5C dalam prinsip kredit. Terdiri dari Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition. Dengan mengimplementasikan algoritma fuzzy logic dengan menggunakan metode Mamdani diharapkan akan membantu dalam pengendalian kredit macet. Laporan tugas akhir ini akan menjelaskan bagaimana menerapkan metode fuzzy Mamdani pada sistem perkreditan motor. Hasil pengujian akan dijelaskan pada bagian akhir laporan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:47
    Last Modified: 04 May 2017 15:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22055

    Actions (login required)

    View Item