UDiNus Repository

ANALISIS KINERJA JARINGAN WLAN (WIRELESS LOCAL AREA NETWORK) MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN PPDIOO PADA PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA SEMARANG

HANDIKA, TATARISA (2017) ANALISIS KINERJA JARINGAN WLAN (WIRELESS LOCAL AREA NETWORK) MENGGUNAKAN METODE PENELITIAN PPDIOO PADA PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kebutuhan internet saat ini menjadi mutlak pada era serba digital seperti saat ini. Kemudahan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan membuat internet sangat dibutuhkan, kemudahan tersebut didukung dengan adanya koneksi internet yang selalu tersedia dan stabil. Untuk itu kinerja jaringan harus disiapkan sebaik mungkin agar mendapatkan koneksi internet yang stabil dan selalu terjaga ketersediaannya. Analisis kinerja jaringan WLAN dengan metode PPDIOO pada PT. Temprina Media Grafika Semarang berangkat dari jurnal penelitian yang sesuai karateristiknya dengan penelitian ini, dengan saran yang ada pada jurnal kemudian penelitian ini dibuat dengan melengkapi saran agar penelitian ini lebih mendetail. Analisis dilakukan menggunakan metode penelitian PPDIOO untuk mengetahui kemampuan kinerja jaringan yang ada dengan mengukur parameter-parameter QoS seperti throughput, jitter, delay dan packet loss. Hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan aplikasi PING dan wireshark dengan jumlah ping sebesar 100 didapat nilai rata-rata delay dalam indeks 4 kategori sangat bagus dengan nilai 0.82ms, packet loss dalam indeks 4 kategori sangat bagus dengan nilai rata-rata 0%, jitter dalam indeks 3 kategori bagus dengan nilai rata-rata 0.73ms dan nilai throughput termasuk indeks 2 kategori sedang dengan nilai rata-rata throughput 1.07 Mbps atau 52%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:47
    Last Modified: 04 May 2017 15:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22057

    Actions (login required)

    View Item