UDiNus Repository

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PENINGKATAN KUALITAS CITRA BERBASIS HIGH PASS FILTER DAN LOW PASS FILTER PADA CITRA SERAT KAYU JATI

SUWANDY, LAUREN (2017) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PENINGKATAN KUALITAS CITRA BERBASIS HIGH PASS FILTER DAN LOW PASS FILTER PADA CITRA SERAT KAYU JATI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pada skripsi ini masalah yang diangkat adalah perbaikan kualitas citra dengan tingkat kecerahan yang tinggi dan perbaikan tepian objek citra. Untuk mendapatkan citra dengan kualitas yang lebih baik digunakan proses filtering. Citra awal yang akan diproses adalah citra grayscale. Adapun metode yang akan digunakan untuk proses perbaikan citra digital ini adalah metode Lowpass Filter dan Highpass Filter yang bekerja dalam domain frekuensi. Metode Lowpass Filter akan digunakan untuk pelembutan citra (image smoothing) dimana cara kerja metode ini menekan frekuensi tinggi dan melewatkan frekuensi rendah dalam citra. Sedangkan metode Highpass Filter akan digunakan untuk perbaikan tepian objek/memperjelas tepian objek (edge sharpening) dimana cara kerja metode ini menekan frekuensi rendah dan melewatkan frekuensi tinggi pada citra. Format citra yang akan digunakan dalam proses filtering yakni *.JPG. Sebelum citra mengalami proses filtering terlebih dahulu dilakukan rezise dan cropping kemudian ditransformasi fourier untuk mendapatkan nilai intensitas piksel yang akan digunakan dalam proses perhitungan konvolusi. Selanjutnya untuk kedua sistem terlebih dahulu memasukkan citra uji bertipe RGB yang akan diolah menjadi citra grayscale. Dari Hasil Citra Grayscale akan dilakukan proses filtering yaitu Low Pass Filter dan High Pass Filter. Implementasi sistem menggunakan perangkat lunak Netbeans 7.4. Evaluasi Hasil menggunakan parameter pembanding kualitas yakni MSE (Mean Squared Eror) dan PSNR (Peak Signal to Noise Ratio).

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:47
    Last Modified: 04 May 2017 15:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22061

    Actions (login required)

    View Item