UDiNus Repository

Analisis Perbandingan Kinerja Metode Median Filtering, Gausian Filtering dan Mean Filtering untuk Peningkatan Kualitas Citra Medis

APRILLIA, KARTIKASARI (2017) Analisis Perbandingan Kinerja Metode Median Filtering, Gausian Filtering dan Mean Filtering untuk Peningkatan Kualitas Citra Medis. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Diagnosa kesehatan merupakan hal yang sangat penting karena hal ini dilakukan untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk penanganan penyakit atau pemantauan kondisi kesehatan . Untuk itu dilakukan rontgen atau x-ray, yaitu sebuah tindakan menggunakan radiasi untuk mengambil gambar bagian dalam dari tubuh seseorang. Dari hasil rontgen tersebut didapatkan gambar atau citra medis yang memperlihatkan keadaan organ tubuh yang rusak atau terkena penyakit. Biasanya dalam setiap citra atau citra medis pasti terdapat noise atau cacat gambar yang bisa mengganggu hasil gambar yang didapat. Image filtering adalah sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan kualitas citra atau citra medis. Dalam penelitian kali ini metode yang digunakan adalah metode Median Filtering, Gaussian Filtering, dan Mean Filtering dari ketiga metode yang digunakan ini akan dilakukan perbandingan untuk diketahui metode apa yang paling bagus digunakan untuk peningkatan kualitas citra medis. Dalam penelitian kali ini terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan sebelum memperoleh hasil. Yang pertama citra medis yang telah ada diberi noise berupa noise Gaussian dan uniform dengan skala 10% -100%, setelah itu citra yang telah diberi noise akan melalui proses fitering dengan 3 metode, yaitu Meadian Filtering, Gaussian Filtering, dan Mean Filtering. Setelah itu citra akhirakan dihitung nilai MSE dan PSNR. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa dari ketiga metode yang digunakan, metode Gaussian yang memberikan hasil paling bagus. Dengan kata lain, metode Gaussian merupakan metode yang paling bagus digunakan untuk meningkatkan citra medis.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:48
    Last Modified: 04 May 2017 15:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22070

    Actions (login required)

    View Item