UDiNus Repository

Analisis Tingkat Kapabilitas Sistem Informasi Manajemen Akademik Terpadu Menggunakan COBIT 5 pada Politeknik Kesehatan Semarang

DIAH, KUSUMANINGRUM (2017) Analisis Tingkat Kapabilitas Sistem Informasi Manajemen Akademik Terpadu Menggunakan COBIT 5 pada Politeknik Kesehatan Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Politeknik Kesehatan Semarang telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Akademik Terpadu dalam membantu proses administrasi akademik yang berjalan. Namun terdapat permasalahan terkait dengan kinerja sistem yaitu data yang diinputkan admin tidak tersimpan dan menu pembayaran yang terkadang tidak langsung terupdate meskipun mahasiswa telah membayar. Hal ini menyebabkan waktu yang dibutuhkan user dalam melakukan proses bisnis menjadi lebih lama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kapabilitas terkait dengan tata kelola Sistem Informasi Manajemen Akademik Terpadu sehingga dapat menghasilkan saran perbaikan yang dapat dijadikan sebagai masukan bagi pihak Politeknik Kesehatan Semarang untuk dapat mencapai tingkat kapabilitas tata kelola yang diharapkan. Dalam melakukan analisis tata kelola digunakan kerangka kerja COBIT 5 dengan domain proses MEA01 (Monitor, Evaluate, and Assess Performance and Conformance). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara, sedangkan metode analisisnya analisis kapabilitas dan analisis kesenjangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan tingkat kapabilitas saat ini pada level 1 Performed dengan status Largely Achieved setara dengan 1,79. Kesimpulan yang didapat berdasarkan pencapaian adalah proses pengawasan, evaluasi dan penilaian kinerja kesesuaian belum terkelola dengan baik. Untuk mencapai tingkat kapabilitas yang diharapkan pada level 2 maka perlu dilakukan strategi perbaikan pada level 1 hingga level 2 yaitu proses direncanakan, ditetapkan targetnya, dilaporkan dan didokumentasikan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:49
    Last Modified: 04 May 2017 15:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22072

    Actions (login required)

    View Item