UDiNus Repository

PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK INTERAKTIF MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKERLESS UNTUK PEMBELAJARAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU DI SMP 02 SUKOREJO KENDAL

MUHAMAD, REDHA ADNAN (2017) PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK INTERAKTIF MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKERLESS UNTUK PEMBELAJARAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU DI SMP 02 SUKOREJO KENDAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3956b) | Preview

    Abstract

    Proses belajar mengajar sekolah merupakan proses dimana guru memberikan materi dengan menggunakan media-media pembelajaran. Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk mengaplikasikan teknologi dalam proses pengajaran dan pembelajaran seperti halnya penggunaan buku berbasis Augmented Reality. Augmented Reality adalah teknologi yang menampilkan objek 3D secara real. Penerapan Augmented Reality masih belum banyak diterapkan pada proses pembelajaran. Seperti pada pembelajaran muatan lokal Teknik Konstruksi Kayu di SMP 02 Sukorejo Kendal. Proses pembelajaran Teknik Konstruksi Kayu masih menggunakan panduan gambar sambungan kayu yang diberikan oleh guru secara manual serta alat peraga sedikit. Sehingga diperlukannya media pembelajaran interaktif dan menarik agar murid mudah dipelajari. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran Teknik Konstruksi Kayu, model dari gambar yang diberikan guru secara manual bisa ditampilkan secara virtual sehingga murid bisa melihat gambar lebih nyata dan rinci. Penulisan ini bertujuan mengembangkan aplikasi Augmented Reality dengan model konstruksi kayu berbasis Android.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:49
    Last Modified: 04 May 2017 15:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22074

    Actions (login required)

    View Item